Imbas-Corona,-Jadwal-Angkutan-Kapal-Dikurangi

 Imbas Corona, Jadwal Angkutan Kapal Dikurangi

4/23/2020

Karimun, Lendoot.com – Penyedia jasa angkutan laut mengajukan pengurangan keberangkatan kepada Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjungbalai Karimun. Hal ini disebabkan sedikitnya jumlah penumpang yang berangkat ataupun datang, sehingga tidak dapat menutupi biaya operasional.

Pengajuan pengurang​an jumlah pelayaran ini diajukan oleh seluruh operator, baik pelayaran domestik, internasional ataupun speedboat antarpulau dalam Kabupaten Karimun di Pelabuhan Sri Tanjung Gelam atau KPK.

Meski demikian, KSOP Tanjungbalai Karimun memastikan seluruh penumpang dapat diberangkatkan. Pasalnya sertiap hari beberapa kapal masih tetap berlayar.

“Biaya operasional terkadang tidak menutupi. Namun demikian, kita pastikan penumpang di pelabuhan Karimun tetap terangkut. Kita sudah meminta operator kapal untuk siap apabila dibutuhkan ataupun jika terjadi lonjakan penumpang,” kata Kabid Lala KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun, Kamis (23/4/2020).

Berdasarkan data KSOP Tanjungbalai Karimun, untuk kapal ferry internasional dari atau menuju Puteri Harbour Malaysia serta Singapura sudah tidak berlayar. Kemudian untuk kapal ferry dari Kukup Malaysia hanya akan berlayar dua kali dalam sepekan, yaitu pada Senin dan Kamis. Jadwal ini mulai diberlakukan pekan depan.

“Untuk ferry domestik MV Oceana rute Karimun-Harbourbay Batam dan sebaliknya telah menghentikan sementara pelayaran sejak, Selasa (21/4/1020) kemarin. Bagi masyarakat yang akan ke Kota Batam hanya dapat melalui Pelabuhan Sekupang, menggunakan MV Mikonatalia dan Batam Jet,” katanya.

Lanjut Marganda, MV Mikonatalia dan Batam Jet menyiapkan dua trip keberangkatan yakni berangkat dari Karimun pada pukul 07 30 WIB dan pukul 15.00 WIB, Batam Jet pada pukul 13.30 WIB serta Dumai Ekspress pada pukul 07.30 WIB dan 13.30 WIB.

Selain itu, untuk rute Karimun-Tanjung Buton saat ini juga masih berangkat setiap hari pada pukul 08.00 WIB mengunakan speedboat Karunia Jaya. Kemudian dua kapal Ferry Batam Jet dan Dumai Ekspress masih melayani rute Karimun-Selat Panjang-Bengkalis-Dumai setiap hari. Keduanya berangkat dari Kabupaten Karimun sekira pukul 08.30 WIB.

Sementara rute Karimun-Tanjungpinang dan sebaliknnya, hanya dilayari oleh satu kapal ferry, yaitu Dumai Ekspress. Untuk Karimun-Tanjungpinang dijadwalkan  berangkat setiap Senin, Rabu, Jumat dan Sabtu. Kemudian dari Tanjungpinang-Karimun berangkat pada Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu.

“Speedboat di KPK juga mengurangi. Tapi mereka standby,” tambah Marganda.(rk)


Sumber :
http://lendoot.com

Berita lainnya

  • list-item-1

    Hasil Non Reaktif, Kapolres Karimun Sebut Rapid Tes Massal Bagian Menghadapi Adaptasi Kebiasaan Baru

  • list-item-1

    Bupati Karimun Resmikan Obyek Wisata di Desa Jang Moro

  • list-item-1

    Pelindo I, Serahkan Paket Sembako dan Masker