Pelindo-Karimun-mulai-Berlakukan-Pas-Uang-Elektronik-Secara-Bertahap

 Pelindo Karimun mulai Berlakukan Pas Uang Elektronik Secara Bertahap

12/21/2020

PT Pelindo I Cabang Tanjung Balai Karimun mulai memberlakukan uang elektronik (E-card) untuk pembelian pas pelabuhan.


batampos.id – PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Cabang Tanjung Balai Karimun, sejak 17 Desember 2020 lalu telah memperlakukan pas uang elektronik atau elektronik card (E-card) yang bekerja sama dengan bank-bank di Karimun. Tujuan, pemberlakuan pas non tunai untuk sesuai anjuran dari Pemerintah maupun Bank Indonesia (BI) untuk mengurangi transaksi pengggunaan uang tunai.


”Secara bertahaplah, kita mulai berlakukan pas non tunai untuk domestik dahulu. Apalagi, saat ini masih pandemi Covid-19. Jadi, masyarakat bisa menggunakan E-card yang telah disediakan oleh bank. Sekarang, ada dua gate pass yang sudah berfungsi yang bisa dipergunakan untuk E-card dan satu untuk pas manual,” jelas General Manager PT Pelindo I Cabang Tanjung Balai Karimun Agus Deritanto, Senin (21/12/2020).

Saat ini pihaknya, sedang melakukan sosialisasi kepada calon penumpang yang akan berangkat keluar daerah. Supaya, bisa menggunakan E-card yang bisa diambil dibank-bank. Dimana, pihaknya bekerjasama dengan empat bank yaitu bank BNI, BRI, Mandiri dan BCA sebagai jasa penyedia E-card tersebut.

”Saat ini bagi masyarakat bisa mendapatkan E-card yang ada dipelabuhan. Ada counter-counter bank-bank yang menawarkan dan bisa langsung dipergunakan dengan mengisi saldo didalam E-card tersebut,” ujarnya.

Masih kata Agus lagi, penggunaan E-card ini untuk saat ini sudah terkoneksi dengan pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang. Artinya, E-card dapat dipergunakan dipelabuhan yang dituju. Sedangkan, pelabuhan Selatpanjang sendiri pihaknya sedang mempersiapkan menuju penggunaan E-card. Kemudian, untuk pelabuhan Batam baik itu pelabuhan Sekupang maupun pelabuhan Harbour Bay, Bengkalis, Dumai dan Pekanbaru tidak tertutup kemungkinan bisa dikoneksikan dengan mengggunakan E-card.

”Pas manual masih tetap kita berlakukan, nanti kedepannya kita berlakukan E-card untuk pas pelabuhan di Tanjung Balai Karimun ini.  Saya imbau juga pemilik E-card yang di dalamnya masih mempunyai saldo jangan dipindahtangankan. Sebab, apabila hilang dan ditemukan orang lain dapat dipergunakan juga,” ungkapnya.

Pantauan dilapangan, para calon penumpang yang akan berangkat masih banyak yang menggunakan pas pelabuhan secara manual. Dimana, calon penumpang tersebut membeli pas pelabuhan dengan harga Rp5.000 untuk sekali berangkat. Sedangkan, para conter bank-bank melakukan promo atau penawaran E-card.

”Baguslah. Lebih praktis, cepat dan bisa dimanfaatkan untuk yang lainnya nanti penggunaan E-card ini. Saya aja baru coba,” ucap Ahuan. (*)

Reporter : Tri Haryono

Editor : Tunggul


Sumber :
http://batampos.id

Berita lainnya

  • list-item-1

    Pelindo Karimun mulai Berlakukan Pas Uang Elektronik Secara Bertahap

  • list-item-1

    Pelindo I Karimun Gelar Program Bedah Rumah

  • list-item-1

    PT Pelindo I (Persero) Cabang Tanjung Balai Karimun berpartisipasi dalam Gerakan Sejuta Masker