Keterbukaan Informasi Publik


profil ppid keterbukaan informasi publik
layanan informasi keterbukaan informasi publik
regulasi keterbukaan informasi publik
informasi publik keterbukaan informasi publik

 Profil PPID

Visi Misi

Visi : Menjamin keterbukaan akses informasi kepada publik

Misi : Menyediakan pelayanan informasi publik yang tepat sasaran

 

Struktur Organisasi

 

Struktur PPID.png 

Tugas dan Tanggung Jawab

PPID Pusat bertanggung jawab di bidang layanan lnformasi Publik yang meliputi proses penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan pelayanan lnformasi Publik untuk di Pusat, sementara PPID Unit Operasi untuk di tingkat Cabang/Unit Usaha dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Penyimpanan dan Pendokumentasian

  1. PPID Pusat bertanggungjawab mengkoordinasikan penyimpanan dan pendokumentasian seluruh lnformasi Publik yang berada di bawah tanggung jawabnya yaitu dengan informasi dan dokumen seluruh PT Pelabuhan Indonesia I (Persero), sementara PPID Cabang/Unit Usaha meliputi informasi dan dokumen PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) terkait dengan Cabang/Unit Usahanya masing-masing.
  2. PPID Pusat bertugas mengkoordinasikan pengumpulan seluruh Informasi Publik secara fisik dari setiap Direktorat dan fungsi leher di bawah Direktur Utama, sementara itu PPID Cabang/Unit Usaha dari setiap fungsi di bawah General Manajer dan setiap fungsi di bawah para Kepala Unit Usaha di wilayahnya masing-masing.
  3. PPID Pusat dan Cabang/Unit Usaha bertugas mengkoordinasikan pendataan lnformasi Publik yang dikuasai oleh fungsi-fungsi terkait yang melapor langsung kepada Direktur Utama atau fungsi di bawah Cabang/Unit Usaha dalam rangka pembuatan dan pemuktahiran Data lnformasi Publik setelah dimutakhirkan oleh pimpinan/PlC masing-masing Direktorat/Fungsi yang melapor kepada Direktur Utama atau fungsi di bawah Cabang/Unit Usaha sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam sebulan.
  4. Penyimpanan lnformasi Publik oleh PPID Pusat dan Cabang/Unit Usaha sebagaimana dimaksud pada butir 3) dilaksanakan sesuai dengan peraturan ketentuan di bidang pengelolaan dokumen perusahaan yang berlaku.
     
    b. Penyediaan dan Pelayanan lnformasi Publik

1)   PPID Pusat dan PPID Cabang/Unit Usaha bertanggung jawab mengkoordinasikan penyediaan dan pelayanan seluruh lnformasi Publik PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) dan Cabang/Unit Usaha yang dapat diakses oleh publik.

2)   PPID Pusat dan PPID Cabang/Unit Usaha bertugas mengkoordinasikan penyediaan dan pelayanan lnformasi Publik melalui pengumuman dan atau permohonan.

3)   Dalam hal kewajiban mengumumkan lnformasi Publik, PPID Pusat dan Cabang/Unit Usaha bertugas untuk:

  1. Mengumumkan lnformasi Publik melalui media yang secara efektif dapat menjangkau seluruh pemangku kepentingan.
  2. Menyampaikan lnformasi Publik dalam bahasa lndonesia yang sederhana dan mudah dipahami dan bila diperlukan dapat mempertimbangkan penggunaan bahasa lokal yang dipakai oleh penduduk setempat

4)   Dalam hal adanya permohonan lnformasi Publik, PPID Pusat Cabang/Unit Usaha bertugas:

  1. Memberikan lnformasi Publik yang dapat diakses oleh publik dengan petugas informasi baik di PIPP Pusat dan Cabang/Unit Usaha untuk memenuhi permohonan lnformasi Publik.
  2. Memberikan alasan tertulis pengecualian lnformasi Publik secara jelas dan tegas, dalam hal permohonan lnformasi Publik ditolak.
  3. Menghitamkan atau mengaburkan lnformasi Publik yang dikecualikan beserta alasannya (lihat UU No. 14 Tahun 2008 Pasal 17).
  4. Mengembangkan kapasitas pejabat fungsional dan/atau petugas informasi dalam rangka peningkatan kualitas layanan lnformasi Publik.
  5. Khusus untuk melakukan pengujian tentang konsekuensi yang timbul sebagaimana diatur dalam Pasal 19 Undang-Undang Keterbukaan lnformasi Publik sebelum menyatakan lnformasi Publik tertentu dikecualikan, dilakukan oleh PPID Pusat.

5)   Dalam hal terdapat keberatan atas penyediaan dan pelayanan lnformasi Publik, PPID Pusat dan Cabang/Unit Usaha bertugas memastikan agar pengajuan keberatan dapat diproses berdasarkan prosedur penyelesaian keberatan apabila permohonan lnformasi Publik ditolak.

​​