Keberadaan-Pelabuhan-Kuala-Tanjung-Diharap-Dapat-Menyejahterakan-Masyarakat

 Keberadaan Pelabuhan Kuala Tanjung Diharap Dapat Menyejahterakan Masyarakat

7/5/2019

​Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) menyambut positif rencana PT Pelindo 1 untuk membangun dan mengembangkan Pelabuhan Kuala Tanjung.

Namun diharapkan, keberadaan pelabuhan tersebut dapat memberdayakan dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat sekitarnya. Demikian disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah atau biasa disapa Ijeck ketika menerima kunjungan Direktur PT Pelindo 1, Dian Rachmawan.

Ijeck mengusulkan agar dilakukan pemberdayaan masyarakat sekitar pelabuhan, antara lain bidang pendidikan, keterampilan, hingga ekonomi masyarakat.

“Khusus untuk bidang pendidikan tidak hanya dilakukan pelatihan semata, juga saya berharap PT Pelindo 1 bersedia menghibahkan lahan untuk dibangun Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) khusus tentang perlabuhan dan perkapalan, yang siswanya berasal dari masyarakat sekitar Kuala Tanjung,” katanya, Jumat (5/7).

Dengan begitu, menurut Ijeck, pendidikan masyarakat dapat lebih ditingkatkan, yang pada akhirnya dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sehingga harapan untuk Sumut yang sejahtera dan bermartabat dapat terwujud.

“Tujuan Gubernur dan juga saya untuk menyejahterakan masyarakat dan membuat Sumut yang bermartabat. Artinya, janganlah nanti setelah Pelabuhan Kuala Tanjung maju, tapi para pelaku perekonomiannya dikuasai orang luar, dan kita hanya jadi penonton,” ujarnya.

Direktur PT Pelindo 1, Dian Rachmawan, menyambut positif apa yang disampaikan Wagub Sumut Musa Rajekshah. Juga setuju dengan rencana dibangunnya SMK di kawasan tersebut, dan kelak pelabuhan akan memakai tenaga kerja yang merupakan lulusan SMK kejuruan tersebut.

“Dalam waktu dekat Pelindo 1 juga akan bekerja sama dengan BUMD Sumut, yakni Tirtanadi dalam hal pengadaan air bersih,” katanya.

Seperti yang diketahui Pelabuhan Kuala Tanjung memiliki potensi yang sangat besar, karena posisinya yang strategis, sebagai perlintasan kapal dari berbagai negara seperti India, Tiongkok dan lainnya.

(rel/rzd)

sumber : http://news.analisadaily.com/read/keberadaan-pelabuhan-kuala-tanjung-diharap-dapat-menyejahterakan-masyarakat/760921/2019/07/05

Sumber :
 

Berita lainnya

  • list-item-1

    Pelindo 1 Lhokseumawe Ekspor Perdana CPO ke India

  • list-item-1

    Kemendag Kerja Sama dengan Kemenhub, Pelindo I-IV dan KLHK

  • list-item-1

    Demi Selat Malaka, Kemenhub dan PMLI Latih 20 Orang Tenaga Pandu Laut Dalam