Operasikan-Conveyor,-Pelindo-1-Targetkan-Pelabuhan-Belawan-Sentra-BM-Curah-Kering-di-Sumatera

 Layanan Terminal Curah Kering Pelabuhaan Belawan Meningkat

5/11/2021
PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) meningkatkan fasilitas layanan dan inovasi di Terminal Curah Kering Pelabuhan Belawan dengan pengoptimalan Terminal Curah Kering (TCK) di Pelabuhan Belawan. Dengan adanya fasilitas ini, kegiatan bongkar komoditas curah kering menjadi lebih cepat, efektif dan efisien dengan produktivitas dua kali lebih cepat dari sebelumnya.

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo 1, Ridwan Sani Siregar mengataka layanan ini menggunakan sistem mekanisasi terpadu yang dipantau secara realtime dengan system IT yang terintegrasi. Operasional TCK menggunakan conveyor dimana proses muatan dari kapal dibongkar ke conveyor, dan muatan akan langsung menuju gudang penyimpanan serta timbangan yang dimonitoring full dengan cctv.

"TCK Pelabuhan Belawan ini juga dilengkapi dengan teknologi Telescopic Chute, yang berfungsi untuk mengurangi penyebaran muatan curah, mengurangi debu dan potensi loss cargo jadi lebih kecil. Teknologi ini merupakan yang pertama kali digunakan di TCK khusus grain/pangan di Indonesia dan dalam skala besar pertama kali diterapkan di Pelabuhan Belawan," kata Ridwan dalam siaran persnya, awal pekan ini.

Ia juga menambahkan Fasilitas TCK Pelabuhan Belawan ini sangat efektif dalam mendukung efisiensi logistik karena dapat memangkas biaya dengan kecepatan bongkar dan dengan system IT yang terintegrasi dari cargo in hingga cargo out.

Selain itu, kata Ridwan, fasilitas TCK ini juga dapat meningkatkan nilai tambah bagi pengguna jasa yaitu dengan peningkatan produktivitas bongkar komoditas curah kering sebesar 10.000 ton/hari sehingga dapat mempercepat alur distribusi barang. Dengan pengoptimalan fasilitas TCK ini, kami menargetkan Pelabuhan Belawan menjadi sentra bongkar muat curah kering di Pulau Sumatera.

Sementara itu, General Manager Pelabuhan Belawan, Emilda Andayani menjelaskan, bahwa saat ini, total cargo curah kering komoditas pangan dan pakan melalui Pelabuhan Belawan sekitar 1,4 juta ton per tahun dan mayoritas melalui curah dibandingkan jenis cargo lainnya dan pelabuhan Belawan akan terus melakukan pengembangan layanan untuk mendukung peningkatan logistik Indonesia.

sumber : https://koran-jakarta.com/layanan-terminal-curah-kering-pelabuhaan-belawan-meningkat

Sumber :
 

Berita lainnya

  • list-item-1

    PT Pelindo 1 Pelabuhan Umum Lhokseumawe tindak tegas oknum terlibat pungli

  • list-item-1

    PT Pelindo 1 Cabang Dumai Salurkan Dana Program Kemitraan

  • list-item-1

    Gaduh Pungli di Pelabuhan, Pelindo I Pakai Sistem Automasi

The 'img' start tag on line 1 position 70 does not match the end tag of 'a'. Line 1, position 152.
at System.Xml.XmlTextReaderImpl.Throw(Exception e) at System.Xml.XmlTextReaderImpl.ThrowTagMismatch(NodeData startTag) at System.Xml.XmlTextReaderImpl.ParseEndElement() at System.Xml.XmlTextReaderImpl.ParseElementContent() at System.Xml.Linq.XContainer.ReadContentFrom(XmlReader r) at System.Xml.Linq.XContainer.ReadContentFrom(XmlReader r, LoadOptions o) at System.Xml.Linq.XElement.ReadElementFrom(XmlReader r, LoadOptions o) at System.Xml.Linq.XElement.Load(XmlReader reader, LoadOptions options) at System.Xml.Linq.XElement.Parse(String text, LoadOptions options) at Pelindo1WebSite.WebParts.Berita.SideMenuBerita.SideMenuBeritaUserControl.BindListSideMenuBerita()