Pelindo-1-&-Pemprovsu-Peringati-Bulan-K3

 Pelindo 1 & Pemprovsu Peringati Bulan K3

3/4/2019

​PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menggelar Apel memperingati bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) tahun 2019 yang bertema “Wujudkan Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk Mendukung Stabilitas Ekonomi Nasional” di Terminal Shorebase Pelabuhan Belawan pada Selasa, 5 Maret 2019. Acara ini dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Direktorat Jenderal Pembinaan pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kementerian Ketenagakerjaan Sugeng Priyanto, Direktur Operasi dan Komersial Pelindo 1 Syahputera Sembiring, Direktur Teknik Pelindo 1 Hosadi A. Putra, serta 5.000 peserta upacara yang terdiri karyawan BUMN, BUMD dan Swasta, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Serikat Pekerja, dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO).

Dalam sambutannya, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengajak seluruh stakeholders untuk terus meningkatkan kesadaran pentingnya K3 serta pengawasan. “Melalui Peringatan Bulan K3 ini, kami mengharapkan agar semua pihak turut berpartsipasi, baik dari pengusaha maupun pekerja untuk melakukan upaya konkrit terhadap pelaksanaan K3 di lingkungan masing-masing serta meningkatkan pengawasan yang menjadi salah satu upaya untuk menurungkan angka kecelakaan kerja,” terang Edy Rahmayadi.

Senada dengan hal tersebut, Sugeng Priyanto, Direktorat Jenderl Pembinaan pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kemenaker menyambut baik kegiatan Apel memperingati Bulan K3 di Pelabuhan Belawan. “Kami berharap dengan Peringatan Bulan K3 ini mampu meningkatkan kesadaran semua pihak akan pentingnya pelaksanaan K3 di lingkungan masing-masing. Dengan meningkatnya kesadaran dari semua pihak, diharapkan mampu menurunkan angka kecelakaan kerja yang selama ini cenderung meningkat,” jelas Sugeng Priyanto.

Dalam kegiatan ini, Pelindo 1 sebagai BUMN yang mengelola pelabuhan di empat provinsi: Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau sangat peduli terhadap penerapan K3, terbukti dengan penerapan K3 di seluruh cabang pelabuhan yang membudayakan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) di Pelabuhan untuk keselamatan setiap pihak. Pelindo 1 juga telah menerima sertifikasi Sistem Manajemen K3 (SMK3) untuk cabang pelabuhan Belawan, Terminal Peti Kemas Domestik Belawan (TPKDB), Belawan International Container Terminal (BICT), Dumai, Lhokseumawe, Tanjung Pinang, Pekanbaru, dan Malahayati.

Direktur Teknik Pelindo 1, Hosadi A. Putra menerangkan bahwa Pelindo 1 telah menerapkan pelaksanaan K3 di seluruh lingkungan pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo 1. “Dari tahun ke tahun, kita selalu membudayakan pelaksanaan K3. Melalui kegiatan Apel Peringatan Bulan K3 di Pelabuhan Belawan ini kita mengharapkan tumbuh kesadaran dari semua stakeholders yang ada di pelabuhan akan pentingnya pelaksanaan K3 untuk menurunkan angka kecelekaan kerja. Selain itu, kami juga melakukan sosialisasi pelaksanaan K3 di setiap cabang pelabuhan. Kami juga melakukan audit pelaksanaan K3 yang bertugas untuk mengawasi penerapannya,” jelas Hosadi.

Dalam pelaksanaan apel Peringatan K3 ini, Pelindo 1 menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan di Pelabuhan Belawan yang kemudian dirangkai dengan Simulasi K3 Penyelamatan Bekerja pada Ketinggian dan Pemberian K3, Simulasi K3 Pemadaman Kebaran, hiburan serta pengundian lucky draw.

Tentang PT Pelabuhan Indonesia I (Persero)

(BUMN) yang mengelola jasa kepelabuhanan di Indonesia bagian barat. Pelindo 1 berkantor pusat di Medan dan memiliki wilayah operasi di 4 provinsi yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau daratan dan Riau Kepulauan, serta mengelola 16 cabang pelabuhan, 11 kawasan pelabuhan/ perwakilan dan mengelola 1 (satu) unit usaha yaitu UGK (Unit Usaha Galangan Kapal) serta 6 (enam) Anak Perusahaan, yaitu PT Terminal Petikemas Indonesia (TPI), PT Prima Terminal Petikemas (PTP), PT Prima Multi Terminal (PMT), PT Prima Indonesia Logistik (PIL), PT Prima Pengembangan Kawasan (PPK) dan PT Prima Husada Cipta Medan (PHCM).

Pelayanan Pelindo 1 meliputi pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan penumpang dan jasa kepelabuhanan lainnya. Pelindo I mempunyai lokasi strategis di Selat Malaka, yang merupakan selat tersibuk dalam lalu lintas perdagangan dunia dan saat ini sedang mengembangkan pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan Hub Port Indonesia bagian barat, serta mempunyai pintu utama eksport CPO ke seluruh dunia, yaitu melalui pelabuhan Belawan dan Dumai.

Saat ini Pelindo 1 dalam upaya meningkatkan produktivitas pelayanan secara terus menerus, telah melakukan inovasi dengan menambahkan peralatan dan perpanjangan fasilitas dermaga sehingga untuk meningkatkan produktivitas yang lebih efektif dan efisien. Pengembangan secara kontinu ini juga untuk mendukung suksesnya program pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional dan mendukung kebijakan Pemerintah terutama dalam program tol laut untuk memperkuat konektivitas nasional dan menciptakan biaya logistik nasional secara efisien dan efektif serta meningkatkan daya saing nasional

Pelindo 1, Indonesia Gateway.

sumber : https://pressrelease.kontan.co.id/release/pelindo-1-pemprovsu-peringati-bulan-k3

Sumber :
 

Berita lainnya

  • list-item-1

    Pelindo I Cari Partner Strategis untuk Kuala Tanjung, Siapa Saja

  • list-item-1

    Pelindo I Berencana Terbitkan MTN Rp1 Triliun Lebih

  • list-item-1

    Intip Megahnya Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Balai Asahan