KEMBANGKAN-PELABUHAN-TANJUNG-BALAI-ASAHAN,-PELINDO-1-GELAR-PORT-COMMUNITY

KEMBANGKAN PELABUHAN TANJUNG BALAI ASAHAN, PELINDO 1 GELAR PORT COMMUNITY

11/22/2018

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 Cabang Tanjung Balai Asahan menggelar Port Community dan Sharing Session yang bertema “Mewujudkan Pelabuhan Teluk Nibung sebagai Pelabuhan Ekspor Impor dan Terminal Penumpang yang Modern dan Kompetitif" yang diselenggarakan di Hotel Tresya pada Kamis, 22 November 2018. Acara ini dihadiri oleh Walikota Tanjung Balai Asahan M. Syahrial, General Manager Pelindo 1 Cabang Tanjung Balai Asahan Aulia Rahman, dan Corporate Secretary Pelindo 1 M. Eriansyah, serta sejumlah perwakilan stakeholder Pelindo 1 Tanjung Balai Asahan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi dengan seluruh stakeholders Pelindo 1 Cabang Tanjung Balai Asahan. Dalam rangka mengoptimalkan kegiatan ini, kami juga mengundang Ketua Perkumpulan Ahli Kepabeanan Indonesia (PERAKI) yang akan memberikan masukan dan ide untuk mengembangkan potensi bisnis dan pariwisata di Tanjung Balai Asahan," terang General Manager Pelindo 1 Cabang Tanjung Balai Asahan, Aulia Rahman.

“Kami mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Pelindo 1 sehingga kita bisa saling bertukar informasi dan memperluas jaringan bisnis. Tanjung Balai Asahan merupakan pusat perdagangan antar negara dan antar pulau sejak dulu karena merupakan pintu ekspor dan impor. Pelindo 1 memang sudah menjalankan komitmennya untuk membangun kota Tanjung Balai Asahan serta perekonomian wilayah. Kami akan melanjutkan pembangunan infrastruktur guna mendukung kelancaran proses  bisnis di kota Tanjung Balai Asahan. Kami sangat berharap dengan kegiatan ini mampu meningkatkan sinergi seluruh stakeholders di Tanjung Balai Asahan demi mendorong perekonomian wilayah," jelas M. Syahrial, Walikota Tanjung Balai Asahan.

Kegiatan ini juga menghadirkan Ketua Perkumpulan Ahli Kepabeanan Indonesia (PERAKI), Abdurrahman sebagai pembicara untuk sarana memberikan masukan dan bertukar informasi terkait pengembangan kegiatan ekspor-impor dan kepabeanan di kota Tanjung Balai Asahan.

Aulia Rahman menambahkan bahwa saat ini Pelindo 1 sedang melakukan penataan dan pengembangan Pelabuhan Tanjung Balai Asahan dengan melakukan penataan Terminal Penumpang. “Progress pembangunan Terminal Penumpang sudah selesai dan sedang dalam proses pembuatan interior. Nantinya kapasitas terminal penumpang ini mampu menampung 800 orang yang dilengkapi dengan fasilitas modern untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat. Kami berharap dengan beroperasinya Terminal Penumpang ini bisa menjadi icon baru Kota Tanjung Balai Asahan yang mampu menarik animo wisatawan mancanegara sehingga bisa meningkatkan pariwisata Sumatera Utara," terang Aulia Rahman.

Selesai

Tentang PT Pelabuhan Indonesia I (Persero)

(BUMN) yang  mengelola jasa kepelabuhanan di Indonesia bagian barat. Pelindo 1 berkantor pusat di Medan dan memiliki wilayah operasi di 4 provinsi yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau daratan dan Riau Kepulauan, serta mengelola 16 cabang pelabuhan, 11 kawasan pelabuhan/ perwakilan dan mengelola 1 (satu) unit usaha yaitu UGK (Unit Usaha Galangan Kapal) dan RSPM (Rumah Sakit Pelabuhan Medan) serta 6 (enam) Anak Perusahaan, yaitu PT Terminal Petikemas Indonesia (TPI), PT Prima Terminal Petikemas (PTP), PT Prima Multi Terminal (PMT), PT Prima Indonesia Logistik (PIL), PT Prima Pengembangan Kawasan (PPK), dan PT Prima Husada Cipta Medan (PHCM).

Pelayanan Pelindo 1 meliputi pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan penumpang dan jasa kepelabuhanan lainnya.  Pelindo I mempunyai lokasi strategis di Selat Malaka, yang merupakan selat tersibuk dalam lalu lintas perdagangan dunia dan saat ini sedang mengembangkan pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan Hub Port Indonesia bagian barat, serta mempunyai pintu utama eksport CPO ke seluruh dunia, yaitu melalui pelabuhan Belawan dan Dumai.

Saat ini Pelindo 1 dalam upaya meningkatkan produktivitas pelayanan secara terus menerus, telah melakukan inovasi dengan menambahkan peralatan dan perpanjangan fasilitas dermaga sehingga untuk meningkatkan produktivitas yang lebih efektif dan efisien. Pengembangan secara kontinu ini juga untuk mendukung suksesnya program pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional dan mendukung kebijakan Pemerintah terutama dalam program tol laut untuk memperkuat konektivitas nasional dan menciptakan biaya logistik nasional secara efisien dan efektif serta meningkatkan daya saing nasional

Pelindo 1, Indonesia Gateway

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Fiona Sari Utami

ACS Humas Pelindo 1

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero)

Jl. Krakatau Ujung No. 100 Medan

Telp.   : (061) 6610220

Fax      : (061) 6610906

HP       : 081374032399

Email  : pr.pelindo1@gmail.com

  public.relations@pelindo1.co.id

Siaran pers lainnya

  • list-item-1

    KEMENTERIAN BUMN MENGANGKAT DIAN RACHMAWAN MENJADI DIRUT PELINDO 1

  • list-item-1

    DPP SP Pelindo 1 Bantu Anak Yatim Piatu dan Panti Asuhan

  • list-item-1

    PELINDO 1 BERANGKATKAN 6000 PESERTA MUDIK GRATIS DI 4 PROVINSI