PELINDO-1-&-PEMPROVSU-PERINGATI-BULAN-K3

PELINDO 1 & PEMPROVSU PERINGATI BULAN K3

3/5/2019

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menggelar Apel memperingati bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) tahun 2019 yang bertema “Wujudkan Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk Mendukung Stabilitas Ekonomi Nasional" di Terminal Shorebase Pelabuhan Belawan pada Selasa, 5 Maret 2019. Acara ini dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Direktorat Jenderal Pembinaan pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kementerian Ketenagakerjaan Sugeng Priyanto, Direktur Operasi dan Komersial Pelindo 1 Syahputera Sembiring, Direktur Teknik Pelindo 1 Hosadi A. Putra, serta 5.000 peserta upacara yang terdiri karyawan BUMN, BUMD dan Swasta, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Serikat Pekerja, dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO).

Dalam sambutannya, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengajak  seluruh stakeholders untuk terus meningkatkan kesadaran pentingnya K3 serta pengawasan. “Melalui Peringatan Bulan K3 ini, kami mengharapkan agar semua pihak turut berpartsipasi, baik dari pengusaha maupun pekerja untuk melakukan upaya konkrit terhadap pelaksanaan K3 di lingkungan masing-masing serta meningkatkan pengawasan yang menjadi salah satu upaya untuk menurungkan angka kecelakaan kerja," terang Edy Rahmayadi.

Senada dengan hal tersebut, Sugeng Priyanto, Direktorat Jenderl Pembinaan pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kemenaker menyambut baik kegiatan Apel memperingati Bulan K3 di Pelabuhan Belawan. “Kami berharap dengan Peringatan Bulan K3 ini mampu meningkatkan kesadaran semua pihak akan pentingnya pelaksanaan K3 di lingkungan masing-masing. Dengan meningkatnya kesadaran dari semua pihak, diharapkan mampu menurunkan angka kecelakaan kerja yang selama ini cenderung meningkat," jelas Sugeng Priyanto.

Dalam kegiatan ini, Pelindo 1 sebagai BUMN yang mengelola pelabuhan di empat provinsi: Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau sangat peduli terhadap penerapan K3, terbukti dengan penerapan K3 di seluruh cabang pelabuhan yang membudayakan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) di Pelabuhan untuk keselamatan setiap pihak. Pelindo 1 juga telah menerima sertifikasi Sistem Manajemen K3 (SMK3) untuk cabang pelabuhan Belawan, Terminal Peti Kemas Domestik Belawan (TPKDB), Belawan International Container Terminal (BICT), Dumai, Lhokseumawe, Tanjung Pinang, Pekanbaru, dan Malahayati.

Direktur Teknik Pelindo 1, Hosadi A. Putra menerangkan bahwa Pelindo 1 telah menerapkan pelaksanaan K3 di seluruh lingkungan pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo 1. “Dari tahun ke tahun, kita selalu membudayakan pelaksanaan K3. Melalui kegiatan Apel Peringatan Bulan K3 di Pelabuhan Belawan ini kita mengharapkan tumbuh kesadaran dari semua stakeholders yang ada di pelabuhan akan pentingnya pelaksanaan K3 untuk menurunkan angka kecelekaan kerja. Selain itu, kami juga melakukan sosialisasi pelaksanaan K3 di setiap cabang pelabuhan. Kami juga melakukan audit pelaksanaan K3 yang bertugas untuk mengawasi penerapannya," jelas Hosadi.

Dalam pelaksanaan apel Peringatan K3 ini, Pelindo 1 menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan di Pelabuhan Belawan yang kemudian dirangkai dengan Simulasi K3 Penyelamatan Bekerja pada Ketinggian dan Pemberian K3, Simulasi K3 Pemadaman Kebaran, hiburan serta pengundian lucky draw.

Siaran pers lainnya

  • list-item-1

    MERIAHKAN HUT KE-74 RI, PELINDO 1 & 2 BUMN GELAR JALAN SEHAT 5 KM DI TANJUNGPINANG

  • list-item-1

    PERINGATI HUT KE-74 RI, PELINDO 1 GELAR UPACARA PENGIBARAN BENDERA

  • list-item-1

    SAMBUT HUT RI, PELINDO 1 BERCERITA BERSAMA ANAK-ANAK KAMPUNG NELAYAN BELAWAN