PELINDO-1-KEMBALI-RAIH-GOLDEN-TROPHY-“INFOBANK-BUMN-AWARDS-2018”

PELINDO 1 KEMBALI RAIH GOLDEN TROPHY “INFOBANK BUMN AWARDS 2018”

9/27/2018

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 meraih apresiasi atas kinerjanya melalui penghargaan “Infobank BUMN Awards 2018" dari Biro Riset Infobank atas kinerja keuangan perseroan, yang memperoleh penilaian predikat “Sangat Bagus". Pelindo 1 memperoleh Golden Trophy pada “9th Infobank BUMN Awards 2018". Penghargaan Golden Trophy tahun 2018 ini merupakan ketiga kalinya diraih oleh Pelindo 1 karena berhasil mempertahankan predikat kinerja “Sangat Bagus" secara berturut-turut selama lima tahun.

Pelindo 1 berhasil meraih peringkat ke-14 dari 119 BUMN yang di-rating oleh Biro Riset Infobank tahun 2018. Ke-119 BUMN ini berasal dari 23 sektor non-keuangan, sektor perbankan, sektor asuransi, dan BUMN di bawah Kementerian Keuangan. Penghargaan ini diterima oleh Direktur Keuangan Pelindo 1, Farid Luthfi pada acara Penganugerahan “9th  Infobank BUMN Awards 2018" di Hotel Shangri-La, Jakarta, pada hari Rabu, 26 September 2018.

Biro Riset Infobank mencatat bahwa Pelindo 1 berhasil menorehkan kinerja yang bagus pada akhir tahun 2017. Semua indikator keuangan tumbuh positif. Pelindo 1 berhasil meningkatkan pendapatan usahanya pada 2017 sebesar 14,21%, sehingga dapat meningkatkan laba perusahaan mencapai Rp.805,15 M atau meningkat 9,80% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.  “Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap kinerja Pelindo 1 yang semakin meningkat, dan kami berharap penghargaan ini dapat mendorong upaya Pelindo 1 untuk terus meningkatkan pengelolaan perusahaan semakin lebih baik lagi," ujar Direktur Keuangan Pelindo 1, Farid Luthfi.

Seperti rating sebelumnya, ada beberapa tahapan yang dilalui Biro Riset Infobank, pertama yaitu mengumpulkan laporan keuangan yang akan dirating, kedua menetapkan kriteria serta bobot yang disesuaikan dengan standar yang berlaku dan standar rata-rata industri, dan ketiga mengolah data dan memberi predikat.

Ada tujuh indikator kinerja keuangan yang dijadikan dasar penilaian pada rating BUMN ini, yaitu peringkat profil manajemen risiko, peringkat nilai komposit GCG, permodalan, kualitas aset, rentabilitas, likuiditas dan efisiensi. Dari 119 BUMN yang dirating, hany 61 BUMN yang berhasil meraih predikat “Sangat Bagus", yaitu predikat tertinggi pada rating yang dilakukan Biro Riset Infobank. Penilaian dilakukan terhadap kinerja keuangan dua tahun terakhir, yakni 2016 dan 2017.

 “Pemberian penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Majalah Infobank terhadap BUMN yang mampu meraih kinerja terbaiknya, khususnya peraih Golden Trophy karena mampu mempertahankan kinerja terbaiknya selama lima tahun berturut-turut tanpa jeda, dalam kondisi perekonomian sedang tidak stabil," terang Eko B. Supriyanto, Direktur Biro Riset Infobank.

Siaran pers lainnya

  • list-item-1

    PELINDO 1 SIAPKAN KAWASAN INDUSTRI TERINTEGRASI KUALA TANJUNG

  • list-item-1

    KAPAL PESIAR MV SILVER DISCOVERER KEMBALI SANDAR DI PELABUHAN BELAWAN

  • list-item-1

    PELINDO GELAR RAPAT KERJA RKAP 2019