Pelindo-I-Optimalkan-Objek-Wisata-Tanjungpinang

Pelindo I Optimalkan Objek Wisata Tanjungpinang

1/29/2019

​PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Cabang Tanjungpinang dan Pemerintah Kota Tanjungpinang menjalin kerja sama tentang pengelolaan dan optimalisasi objek pariwisata berbasis pemberdayaan masyarakat.


Direktur SDM Pelindo 1, M. Hamied Wijaya, kerja sama ini merupakan bagian dari dukungan Pelindo 1 kepada program pemerintah, khususnya sektor pariwisata dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan sebanyak 20 juta pada tahun ini.


“Kerja sama ini bertujuan untuk melakukan sinergi antara Pelindo 1 dan Pemerintah Kota Tanjungpinang sesuai dengan sumberdaya dan kompetensi yang dimiliki masing-masing untuk melakukan pengembangan dan dukungan pengelolaan pariwisata di Kota Tanjungpinang dan sekitarnya,” tutur Hamied melalui siaran pers, Selasa (29/1).


Ia berharap Pelindo I dan Pemkpt Tanjungpinang dapat bersama-sama mengembangkan dan mengelola potensi-potensi wisata yang ada di Tanjungpinang dan sekitarnya sehingga mampu meningkatkan kunjungan wisata, terutama melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura yang dikelola oleh Pelindo 1 Cabang Tanjungpinang.


“Kami akan terus melakukan persiapan dan sosialisasi dalam setiap kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai dengan kalender pariwisata yang hari ini diluncurkan,” tambahnya.


Terminal penumpang Sri Bintan Pura yang dikembangkan oleh Pelindo 1 Cabang Tanjung Pinang telah menerapkan digitalisasi pelabuhan untuk segmen layanan penumpang yang berupa penerapan sistem e-berthing.


Sistem ini merupakan sistem online untuk memudahkan pengguna jasa dalam melakukan permintaan pelayanan tambatan kapal yang bisa diakses menggunakan smartphone serta sitem e-pass untuk pembayaran pas pelabuhan dilakukan secara nontunai yang menjadi pilot project yang pertama kali diterapkan di pelabuhan di Indonesia.


Sementara, Wakil Walikota Tanjungpinang, Rahma mengapresiasi partisipasi aktif Pelindo 1 untuk turut mengembangkan sektor pariwisata yang mampu mendongkrak kunjungan wisata ke Tanjungpinang.


“Kami akan upayakan destinasi wisata yang berkelanjutan untuk wisatawan, khususnya dari Malaysia dan Singapura. Selain itu juga untuk mendorong perekonomian daerah, kami juga mengembangkan Kelompok Sadar Wisata,” terang Rahma.


Menurut Rahma, jumlah kunjungan wisatawan tiga tahun terakhir ini terus meningkat. Pada 2016 kunjungan wisata sebanyak 92.948 orang, menjadi 117.384 orang pada 2017, dan 2018 sebanyak 124.569 orang.

Siaran pers lainnya

  • list-item-1

    PELINDO 1 BELAWAN SERAHKAN BANTUAN MESIN PENGGILING KONSENTRAT

  • list-item-1

    PELINDO 1 GO LIVE INDONESIA GATEWAY MASTER TERMINAL

  • list-item-1

    PELINDO 1 MALAHAYATI BANDA ACEH LEPAS PERDANA EKSPEDISI PIONIR KAPAL DAGANG